Diterbitkan Monday, 26 February 2024

Rahasia Udara Sehat di Setiap Ruangan: Panduan Lengkap Memilih Exhaust Fan yang Tepat

jm-exhaust-1.jpg

Exhaust fan merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengeluarkan udara kotor, uap, atau bau dari sebuah ruangan. Dengan begitu, ruangan menjadi lebih adem dan sirkulasi udara pun jadi lebih sehat. Di sisi lain, exhaust fan hadir dalam berbagai ukuran, lantas bagaimana tips memilih exhaust fan yang tepat?
 

Agar fungsi exhaust fan optimal, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memasangnya. Mulai dari ukuran exhaust fan, tingkat kebisingan, kesulitan instalasi, konsumsi listrik, hingga luas ruangan. Untuk itu, simak jenis hingga tips memilih exhaust fan yang tepat untuk hunian Anda!

Memilih Exhaust Fan yang Tepat

Jenis-jenis Exhaust Fan
 

Penting untung mengetahui berbagai jenis exhaust fan yang tersedia di pasaran. Pasalnya, exhaust fan dapur pun berbeda dengan exhaust fan plafon. Simak jenis-jenis exhaust fan berikut ini!
 

  1. Exhaust Fan Dapur

jm-exhaust-2.jpg

Sesuai dengan namanya, exhaust fan ini dipasang di dapur dan diletakkan tepat di atas kompor. Dengan begitu dapur bebas dari bau, pengap, dan uap dari memasak. Beberapa exhaust fan dapur juga dilengkapi dengan filter untuk menangkap lemak dan sejenisnya.
 

  1. Exhaust Fan Dinding

Exhaust fan dinding merupakan salah satu jenis yang banyak digunakan pada hunian dan dipasang di dinding. Jenis exhaust fan ini dapat digunakan di dapur, kamar mandi, kamar tidur, dan sebagainya. 

 

  1. Ceiling Exhaust Fan

jm-exhaust-3.jpg

Ceiling exhaust fan atau exhaust fan plafon dapat digunakan di berbagai macam area, seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan sebagainya. Selain membuat sirkulasi udara jadi bersih, ceiling exhaust fan ini dapat dipilih untuk tampilan rumah yang lebih rapi.
 

  1. Inline Exhaust Fan

Inline exhaust fan merupakan jenis exhaust fan yang diletakkan pada saluran udara. Umumnya digunakan pada aplikasi komersial atau ruangan yang sangat luas. Exhaust fan yang satu ini tidak menimbulkan kebisingan karena mesin umumnya berada di luar ruangan.

 

  1. Exhaust Fan Kamar Mandi

jm-exhaust-4.jpg

Meskipun exhaust fan pada umumnya dapat digunakan di kamar mandi, tetapi Anda dapat memilih exhaust fan khusus kamar mandi karena umumnya dilengkapi dengan fitur sensor kelembapan dan aktif secara otomatis pada tingkat tertentu.

Tips Memilih Exhaust Fan

Setelah mengetahui berbagai jenis exhaust fan di pasaran, simak beberapa tips memilih exhaust fan mulai dari ukuran, level kebisingan, hingga fitur yang ditawarkan berikut ini.


 

  1. Pilih Exhaust Fan Sesuai Daya

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memasang exhaust fan adalah memilih exhaust fan sesuai daya listrik. Perlu Anda ketahui, jika ruangan yang Anda memiliki ventilasi udara, maka tekanan exhaust fan tidak terlalu tinggi. Sebaliknya, ruangan tanpa ventilasi udara membuat tekanan exhaust fan tinggi. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan daya listrik rumah Anda. Carilah exhaust fan dengan daya yang sesuai kapasitas.

 

  1. Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan

Ada berbagai macam ukuran exhaust fan di pasaran mulai dari 8 hingga 12 inci. Maka dari itu, pilihlah ukuran exhaust fan yang sesuai dengan ruangan rumah Anda. Sebagai perkiraan, Anda dapat memilih exhaust fan 8 inci untuk ruangan berukuran 4 m2, exhaust fan 10 inci untuk ruangan berukuran 8 m2, dan exhaust fan 12 inci untuk ruangan berukuran 12 m2.
 

  1. Perhatikan Area Pemasangan

Sebelum memutuskan pasang exhaust fan, Anda juga perlu memperhatikan area pemasangannya. Pasalnya beberapa i membutuhkan pembuangan udara, seperti area luar atau halaman rumah. Selain itu, perhatikan juga level kebisingan exhaust fan yang Anda akan gunakan. Pilihlah exhaust fan dengan level kebisingan rendah untuk area kamar tidur atau ruang keluarga.
 

  1. Perhatikan Nilai Estetika

Tidak ada salahnya untuk memperhatikan nilai estetika rumah dalam pemasangan exhaust fan. Jika rumah Anda masih dalam tahap pembangunan, Anda dapat memilih exhaust fan plafon karena tidak mengganggu pemandangan sekitar. Terutama jika Anda memiliki hunian model minimalis modern, maka exhaust fan yang tidak terlalu menonjol dapat jadi pilihan yang tepat!
 

Temukan Exhaust Fan dan Perlengkapan Rumah Lainnya di Juragan Material

Itulah beberapa jenis serta tips memilih exhaust fan yang tepat untuk hunian Anda. Penting untuk menyesuaikan exhaust fan dengan daya listrik, luas ruangan, dan tipe hunian yang Anda miliki agar exhaust fan bekerja optimal! Untuk Anda yang ingin membeli exhaust fan, temukan exhaust fan terbaik dan terlengkap hanya di Juragan Material

Harga exhaust fan di Juragan Material mulai dari Rp195 ribu saja. Belanja perlengkapan rumah di Juragan Material, dijamin Anda akan mendapatkan penawaran terbaik! Tidak hanya itu, Juragan Material juga menyediakan jenis pengiriman dan pembayaran yang beragam. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. 
 

Apalagi, jika Anda memiliki usaha kontraktor, Juragan Material punya fitur Juragan Modal, pinjaman untuk kontraktor dengan waktu tempo hingga 90 hari! Juragan Modal memberikan pinjaman mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Untuk menikmati fitur Juragan Modal, segera Upgrade Akun ke Juragan Modal dan isilah dokumen yang diperlukan.
Prosesnya mudah, Anda akan mendapatkan konfirmasi di hari yang sama! Untuk informasi selengkapnya, cek di sini!

Bagikan: